Di Sekitar Kita

Seseorang pernah bilang pada gadis itu, “Jangan jadi lilin.”

Padahal, ia tidak pernah merasa menjadi lilin.

Sebaliknya, ia merasa seperti api yang menyulitkan.


Kalau dunia ini adalah forum terbuka, ia mungkin hanya akan menjadi pendengar, atau notulen bagi perwakilan kelompok kecil yang ia bangun sendiri. Ia tidak terlalu suka bicara–toh, sejak dulu, tidak ada yang punya waktu cukup banyak untuk mendengarkan.

Ia pernah hidup (mungkin masih) dalam bayang-bayang orang lain, lalu tidak berhenti merasa dibandingkan, diberi label salah dan benar dengan cepat.

Sialnya, pilihan sikapnya sering kali berbeda dengan pendapat orang banyak.

girl-and-blank-paper

Ia pernah pura-pura setuju pada gerombolan besar di sekelilingnya. Ikut bahagia asalkan semua orang tersenyum. Ia takut dibenci. Ia takut sendirian lagi. Ia tidak mau dibanding-bandingkan–ia ingin dilihat sebagai dirinya sendiri.

(Ya, ia se-kontradiktif itu).

Ia pernah sempat merasa didukung, tapi tahu-tahu dipertanyakan dalam-dalam seperti dihakimi. Ia pernah ketakutan lebih lama, bertanya-tanya apakah ia sudah menimbulkan kekacauan dan membuat malu orang-orang di sekitarnya. Ia tidak berani bicara; suaranya ditutup harapan-harapan tinggi dan ekspektasi-ekspektasi mulus dari orang-orang lainnya.

Ia pernah bermimpi, percayalah. Pernah pula ia mencapai mimpinya. Pernah, ia berusaha mencapai apa yang ia mau, walau taruhannya adalah perasaannya sendiri. Ia bisa saja merasa puas mendapatkan asanya, tapi tidak sedikit juga ia merasa bersalah yang dalam karena kesulitan yang ia rasa ia munculkan.

Ia ingin meminta bantuan, tapi sebenarnya ia tidak tahu bagaimana caranya.

Ia ada di sekitar kita.

 

 

Yogyakarta, berpikir keras.

Aprilia.

Advertisement

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s